Cerita Mantan Satpol PP Kota Ternate yang Kini Pulang Kampung Jadi Petugas Keamanan di PT GMM

- 15 Mei 2024, 00:00 WIB
Leksi, seorang putra asal Gane Dalam, bekerja di PT Gelora Mandiri Membangun.
Leksi, seorang putra asal Gane Dalam, bekerja di PT Gelora Mandiri Membangun. /Antara/PT GMM/

WARTA TIDORE - Leksi (24) adalah warga asli Desa Gane Dalam. Ia bekerja sebagai petugas keamanan di PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM). Sudah lebih dari satu tahun ia bekerja di perusahaan kelapa sawit ini.

Sebelumnya, Leksi bekerja sebagai Satpol PP di Kota Ternate selama empat tahun. Pindah ke kampung halaman membuatnya bahagia. Ia bisa mencari nafkah dekat dengan keluarga.

"Dulu, pulang ke keluarga susah karena harus naik kapal. Sekarang, kerja dekat rumah. Pulang kerja bisa langsung jenguk keluarga," katanya dilansir dari ANTARA pada Selasa, 14 Mei 2024.

Sebelum PT GMM hadir, masyarakat bergantung pada kebun pala, cengkih, dan kelapa. Harga sering dimainkan tengkulak. Banyak anak muda pindah ke kota besar untuk bekerja.

"Orang lokal tidak perlu keluar uang banyak. Pekerjaan sudah ada di sini. Perlakuan perusahaan juga baik," ujar Leksi.

Leksi adalah satu dari banyak putra-putri Halmahera yang terbantu dengan hadirnya PT GMM. Mereka menempati berbagai posisi sesuai latar belakang pendidikan dan keterampilan.

Kehadiran perusahaan membawa perubahan positif. Perangkat desa setempat mengakui hal ini.

"Banyak manfaat sejak perusahaan berdiri. Ekonomi masyarakat membaik. Ada akses jalan dari perusahaan. Kami bersyukur dengan adanya perusahaan. Masyarakat bisa bekerja dan menafkahi keluarga," ungkap Ilyas Kadari, Kepala Desa Yamli.

PT Gelora Mandiri Membangun kini menjadi pilar penting ekonomi di Halmahera Selatan. Sekitar 85 persen tenaga kerja di perusahaan adalah putra putri daerah.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah