Jamaah Haji Provinsi Maluku dari Ambon ke Makassar Menunggu Beberapa Jam Sebelum Menuju Arab Saudi

- 16 Mei 2024, 00:00 WIB
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Djumadi.
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Djumadi. /Antara/John Soplanit/

WARTA TIDORE - Para jamaah calon haji dari Provinsi Maluku yang berangkat ke tanah suci tahun ini tidak lagi diinapkan di Embarkasi Haji Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka hanya perlu menunggu tiga hingga empat jam sebelum langsung pindah pesawat menuju Arab Saudi setelah tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanudin.

"Setelah calon haji diberangkatkan dari Ambon menuju Makassar, mereka tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanudin dan cukup menunggu proses pemindahan bagasi untuk penerbangan ke Arab Saudi," kata Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Djumadi di Ambon pada Rabu, 15 Mei 2024.

Djumadi menjelaskan, selama menunggu proses tersebut, panitia menyediakan konsumsi berupa makanan dan kudapan bagi para calon haji.

Sistem ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana calon haji harus menginap hingga dua hari di Embarkasi Makassar sebelum melanjutkan perjalanan.

"Saat ini, Maluku telah ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai Embarkasi Antara, sehingga jamaah tidak perlu menginap di Makassar," lanjutnya.

Ia juga menyebutkan, tahun ini ada enam embarkasi haji Antara yang ditetapkan, dan Maluku masuk sebagai salah satunya.

Pihaknya berharap, proses keberangkatan seperti ini dapat dipertahankan di masa mendatang karena lebih memudahkan para jamaah haji.

Untuk tahun 2024, jumlah calon haji asal Maluku yang diberangkatkan sebanyak 1.077 orang, ditambah dengan sembilan orang petugas haji yang terbagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 27, 30, dan 32.

Proses keberangkatan penerbangan dari Ambon menuju Makassar, kloter 27 berangkat pada tanggal 31 Mei 2024, kemudian kloter 30 pada tanggal 2 Juni, dan kloter 32 pada tanggal 4 Juni 2024.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah