Tidak Sesuai Prosedur, Pj Gubernur Maluku Utara: Pejabat yang Dilantik Plt Al Yasin Ali Bakal Dikembalikan

- 19 Mei 2024, 17:40 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut) Samsuddin Abdul Kadir.
Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut) Samsuddin Abdul Kadir. /ANTARA/Abdul Fatah/

 

WARTA TIDORE - Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut) Samsuddin Abdul Kadir yang baru dilantik oleh Menteri Dalam Negeri akan membenahi tata kelola birokrasi pemerintahan, mulai dari tata kelola pemerintahan hingga penyelesaian utang pihak ketiga.

"Selain itu, sejumlah pejabat yang dilantik Plt Al Yasin Ali akan dikembalikan karena berdasarkan rekomendasi Kemendagri dan KASN dianggap tidak sesuai prosedur," kata Pj Gubernur Malut Samsuddin Abdul Kadir di Ternate pada Minggu, 19 Mei 2024.

Menurut Samsuddin, komitmen untuk mengembalikan seluruh pejabat yang dimutasi dan nonjob selama masa Plt Al Yasin Ali merupakan bentuk penegakan aturan dan perintah Kemendagri serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

KASN saat itu memerintahkan Plt Gubernur Al Yasin Ali agar meninjau kembali surat keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor: 821.2.2/KEP/JPTP/02/1/2024 tertanggal 30 Januari 2024, dan mengembalikan pejabat tersebut ke jabatan semula serta melakukan uji kompetensi jika akan melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat.

Adapun pejabat tersebut yaitu Salmin Janidi sebagai Kadis Pendidikan, Imran Yakub sebagai Kadis Perhubungan, Miftah Bay sebagai Kepala BKD, dan Fachrudin Tukuboya sebagai Kadis DLH yang diminta untuk dikembalikan ke jabatan semula.

Untuk itu, Samsuddin menyatakan komitmennya menjalankan tata kelola birokrasi yang sesuai ketentuan dan tidak menyalahi aturan berlaku.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Malut, Rahwan K Suamba menyampaikan bahwa pelantikan Samsuddin Abdul Kadir sebagai Pj Gubernur Malut tertuang melalui surat Kemendagri bernomor: 100.2.1.3/2315/SJ tertanggal 16 Mei 2024 yang ditandatangani Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir.

Pelantikan Samsuddin dilakukan pada Jumat (17/5) di gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah