300 Prajurit Korem Baabullah Ternate Dikerahkan Bersihkan Kali Mati dan Kawasan Sungai di Ternate

- 24 Mei 2024, 17:10 WIB
Ratusan personel dari Korem 152/Baabullah Ternate dikerahkan untuk melaksanakan Karya Bhakti membersihkan kali mati dan kawasan sungai di Tapak II dan Toboko Ternate, pada hari Jumat (24/5/2024).
Ratusan personel dari Korem 152/Baabullah Ternate dikerahkan untuk melaksanakan Karya Bhakti membersihkan kali mati dan kawasan sungai di Tapak II dan Toboko Ternate, pada hari Jumat (24/5/2024). /ANTARA/Abdul Fatah/

WARTA TIDORE - Sebanyak 300 prajurit Komando Resimen (Korem) 152/Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut), dikerahkan untuk melaksanakan Karya Bhakti pembersihan kali mati dan kawasan sungai di Tapak II dan Toboko, Ternate.

"Pembersihan kali mati dan sungai di berbagai lokasi di Kota Ternate dilakukan karena saat musim hujan, banyak sampah yang terbawa banjir ke laut. Jika dibiarkan, hal ini akan merusak biota laut dan mencemari perairan Ternate dan sekitarnya," kata Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga pada Jumat, 24 Mei 2024.

Menurut Danrem, pengerahan 300 prajurit ini juga dalam rangka menyambut HUT Kodam XV/Pattimura ke-67.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan yang dipimpin oleh Danrem dan diikuti oleh 300 personel jajaran Korem 152/Bbl. Setelah itu, pasukan dibagi menjadi dua kelompok sesuai tanggung jawabnya dengan sasaran pembersihan, yaitu sungai di samping SPBU Codo dan kali mati di Kelurahan Toboko.

Prajurit Singa Baabullah bekerja keras membantu masyarakat membersihkan lingkungan, khususnya area sungai dan kali mati yang sering dipenuhi sampah, terutama di musim hujan. Pembersihan ini juga melibatkan 30 anggota Persit Kartika Chandra Kirana yang turut membantu bersama prajurit.

Danrem menjelaskan, tumpukan sampah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan banjir dan menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Ketika sampah tersebut mengalir ke laut, dapat merusak terumbu karang dan ekosistem laut. Sebagai kota pariwisata, pendidikan, dan perdagangan, Ternate perlu ditata dengan baik agar menarik simpati wisatawan.

Oleh karena itu, bersamaan dengan HUT Kodam XV/Pattimura, dilakukan pembersihan untuk memberikan contoh dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Asmal Lahario, mengatakan keterlibatan TNI sangat membantu penanganan sampah yang memiliki dampak sosial tinggi di Kota Ternate.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan bersinergi dengan seluruh instansi dan masyarakat luas sehingga menciptakan kota yang bersih, rapi, indah, dan sehat," katanya.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah