Pasca Kebakaran di Kawasan Kota Ternate Selatan, Ini yang Dilakukan PLN

- 24 Mei 2024, 17:16 WIB
PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ternate Selatan, Kota Ternate, berhasil menormalkan sistem kelistrikan setelah terjadinya kebakaran di Kawasan Kota Ternate Selatan, Jumat (24/5/2024).
PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ternate Selatan, Kota Ternate, berhasil menormalkan sistem kelistrikan setelah terjadinya kebakaran di Kawasan Kota Ternate Selatan, Jumat (24/5/2024). /ANTARA/Abdul Fatah/

WARTA TIDORE - PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), berhasil menormalkan kembali sistem kelistrikan dengan mengoperasikan unit gardu bergerak berkapasitas 400 kVA setelah terjadinya kebakaran di kawasan Kota Ternate Selatan.

"Tidak ada yang bisa memprediksi kapan musibah akan terjadi. Namun, kami selalu siaga untuk meminimalisir dampak yang ada. Begitu terjadi musibah ini, kami langsung memerintahkan pasukan siaga untuk bergerak cepat memantau dampaknya terhadap sistem kelistrikan kami," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Awat Tuhuloula di Ternate pada Jumat, 24 Mei 2024.

Ia menyampaikan, pihaknya selalu siap siaga, terutama dalam situasi darurat. Seperti situasi darurat yang terjadi di lingkup kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate pada Kamis, 23 Mei 2024 saat kebakaran yang berdampak pada operasional 1 unit trafo 200 kVA di Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan.

Menurut Awat, trafo yang terdampak kebakaran adalah sistem krusial yang menyuplai listrik di kawasan Bastiong.

"Tim kami di lapangan bergerak cepat mengatasi gangguan dengan peralatan backup. PLN memasang satu unit gardu bergerak 400 kVA untuk backup sistem yang padam," ungkapnya.

Sementara itu, Manajer PLN ULP Ternate Selatan, Hadi Dwi Istiono, mengatakan bahwa begitu petugas PLN turun ke lapangan, tidak lama kemudian sistem kembali normal.

"Alhamdulillah, pasokan listrik kembali normal tepat pada pukul 21.00 malam. Kami bekerja keras agar masyarakat segera bisa menikmati listrik lagi," ujarnya.

Selain trafo, petugas juga mengamankan instalasi kabel dan komponen lain yang terdampak kebakaran agar aman bagi masyarakat dan menghindari risiko sengatan listrik.

"PLN UP3 Ternate akan terus menilai potensi risiko dan memastikan seluruh aset serta peralatan suplai kelistrikan tetap aman dan sesuai prosedur keselamatan yang berlaku," sebutnya.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah