Gunung Kelimutu di Ende NTT Berstatus Waspada, PVMBG Imbau Hal Ini

- 24 Mei 2024, 17:32 WIB
Endapan belerang terlihat mengambang di atas air danau Kawah I Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.
Endapan belerang terlihat mengambang di atas air danau Kawah I Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. /ANTARA/PVMBG/

WARTA TIDORE - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan kenaikan status Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dari normal menjadi Waspada atau Level II.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan, dalam laporan yang diterima di Jakarta pada Jumat, 24 mEI 2024 mengatakan, kenaikan tingkat aktivitas tersebut berlaku mulai pukul 13.00 WITA hari ini.

"Masyarakat atau pengunjung di sekitar Gunung Kelimutu agar tidak berada di area kawah dalam radius 250 meter dari tepi kawah," ujarnya.

Gunung Kelimutu adalah gunung api tipe strato dengan ketinggian 1.384,5 meter di atas permukaan laut (mdpl). PVMBG melakukan pengamatan visual dan instrumental dari Pos Pengamatan di Kampung Kolorongo, Desa Koa Nora, Kabupaten Ende.

Gunung Kelimutu memiliki tiga danau kawah yaitu Kawah I (Tiwu Ata Polo), Kawah II (Tiwu Koofai Nuwamuri), dan Kawah III (Tiwu Ata Bupu).

Pada 1-23 Mei 2024, Gunung Kelimutu terlihat jelas hingga tertutup kabut. PVMBG mengamati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis dan ketinggian berkisar antara 5 hingga 25 meter dari puncak.

Hendra menuturkan bahwa ada perubahan warna yang konsisten pada permukaan Kawah I dan II. Pada 17 Mei 2024, air Kawah I berubah dari hijau menjadi hijau tua, dengan dua titik bualan air di permukaan danau kawah di sebelah timur laut, serta bau gas belerang yang tercium lemah. Suhu air danau kawah tercatat 23 derajat Celsius.

Pada 22 Mei 2024, air danau Kawah I berubah warna menjadi cokelat kehitaman dengan suhu air 21 derajat Celsius. Sedangkan pada 17 Mei 2024, air danau Kawah II masih berwarna biru muda, dengan endapan belerang kuning keemasan yang tersebar di permukaan air danau kawah hingga ke bagian timur, tenggara, barat laut, utara, dan timur laut. Suhu air danau kawah tercatat 22 derajat Celsius.

Pada 23 Mei 2024, air danau Kawah II tetap berwarna biru muda dengan endapan belerang kuning yang menutupi bagian tengah hingga utara, timur, selatan, dan barat. Suhu air danau kawah tercatat 24 derajat Celsius. Arus putaran endapan belerang terlihat di sebelah selatan permukaan air danau kawah, bau gas belerang tercium lemah, dan tidak ada asap kawah.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah