Banjir, BPBD: Untuk Wilayah Jakarta Selatan Sudah Surut Semua

- 25 Mei 2024, 19:12 WIB
Petugas BPBD memantau daerah yang sempat tergenang banjir di Jakarta, Sabtu (25/4/2024).
Petugas BPBD memantau daerah yang sempat tergenang banjir di Jakarta, Sabtu (25/4/2024). /ANTARA/BPBD Jaksel/

WARTA TIDORE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan bahwa banjir di beberapa kelurahan di Jakarta Selatan telah surut dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing.

"Untuk wilayah Jakarta Selatan sudah surut semua," kata Komandan Pleton BPBD Jakarta Selatan, Muhammad Nur, di Jakarta pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Nur menjelaskan, banjir di beberapa kelurahan di Jakarta Selatan terjadi sejak Sabtu dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, setelah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Ciliwung.

Ia menyebut, banjir sempat menggenangi permukiman warga, dengan ketinggian mencapai 2,6 meter di RT 05 dan RT 11 Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Namun, lanjut Nur, banjir yang merendam sejumlah daerah di Jakarta Selatan seperti Kelurahan Pejaten Timur, Rawajati, Manggarai, Tanjung Barat, dan Kebayoran Baru, rata-rata mencapai ketinggian satu meter dan pada pukul 16.00 WIB dipastikan telah surut.

"Ada 9 RT dari beberapa kelurahan dan kecamatan yang terendam banjir, terutama daerah yang berdampingan dengan Sungai Ciliwung," katanya.

Nur menambahkan, akibat banjir tersebut, terdapat 27 jiwa yang sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman, dan setelah air surut, mereka telah pulang ke rumah masing-masing.

Saat ini, warga sudah mulai membersihkan rumah masing-masing dari sisa material yang terbawa oleh banjir, terutama lumpur.

Hujan di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Jumat (24/5) menyebabkan kenaikan status Bendung Katulampa menjadi siaga 3 (Waspada) pada pukul 19.16 WIB dan Pos Pantau Depok menjadi siaga 3 (Waspada) pada pukul 23.00 WIB.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah