55 Ekor Satwa Dilindungi Diamankan dari Sebuah Rumah Warga di Kelurahan Galau Dubu Kepulauan Aru

- 11 Juni 2024, 21:43 WIB
Puluhan burung dilindungi yang diamankan dari rumah warga di Kabupaten Kepulauan Aru.
Puluhan burung dilindungi yang diamankan dari rumah warga di Kabupaten Kepulauan Aru. /ANTARA/Winda Herman/

WARTA TIDORE - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Maluku telah mengamankan sebanyak 55 ekor satwa dilindungi dari sebuah rumah warga di Kelurahan Galay Dubu, Kabupaten Kepulauan Aru.

“Puluhan satwa tersebut diamankan oleh petugas Resor KSDA Dobo yang ditemukan di tiga kandang berbeda di salah satu rumah warga,” kata Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Maluku, Seto, di Ambon pada Selasa, 11 Juni 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Petugas Resor KSDA Dobo, diketahui bahwa terdapat burung-burung yang baru tiba dari kampung di salah satu rumah warga.

Petugas Resor KSDA Dobo kemudian berkoordinasi dengan POM Dansubdenpom XV/2-4 Dobo, untuk meminta bantuan personel dalam melakukan patroli peredaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) di daerah tersebut dan langsung menuju lokasi.

Setibanya di lokasi, petugas segera memeriksa rumah tersebut dan menemukan tiga kandang yang berisi burung dilindungi di bagian dapur.

Puluhan burung tersebut terdiri dari 45 ekor burung beo Papua (Mino demontii) yang ditempatkan di dua kandang berbeda, dan 10 ekor burung nuri pipi merah (Geoffroyus geoffroyi) di kandang ketiga.

Setelah melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar, diketahui bahwa pemilik burung sedang berada di luar dan pemilik rumah masih berada di kampung.

Oleh karena itu, petugas memutuskan untuk membawa burung-burung tersebut ke Kantor SKS Dobo untuk dikarantina sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

“Dari hasil pengamatan, burung-burung tersebut dalam keadaan sehat,” jelas Seto.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah