Mendag Zulkifli Hasan: Kopi Lampung Menjadi Salah Satu Komoditas Ekspor Paling Diminati di Mesir

- 18 Mei 2023, 21:54 WIB
Ilustrasi: Kopi Lampung menjadi salah satu komoditas ekspor paling diminati di Mesir
Ilustrasi: Kopi Lampung menjadi salah satu komoditas ekspor paling diminati di Mesir //Nestle

WARTA TIDORE - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa kopi Lampung menjadi salah satu komoditas ekspor yang paling diminati di Mesir.

"Hubungan bilateral kita dengan Mesir telah erat sejak lama. Namun, potensi perdagangan belum dimanfaatkan sepenuhnya. Oleh karena itu, saat ini kita berusaha memanfaatkan potensi tersebut," ujar Zulkifli Hasan di Lampung Tengah pada hari Kamis, 18 Mei 2023.

Baca Juga: Melalui Spill Produk & Bikin Konten, Tasya Farasya Ceritakan Bisa Dapat Keuntungan di Shopee Affiliate Program

Ia menyebutkan bahwa potensi surplus perdagangan antara kedua negara mencapai 1 miliar Dolar Amerika Serikat, sehingga pihaknya berupaya meningkatkan nilai ekspor dari berbagai komoditas, termasuk kopi.

"Khususnya di Mesir, konsumsi kopi, terutama jenis robusta, sangat tinggi. Lampung merupakan salah satu produsen kopi, dan kopi Lampung menjadi komoditas yang sangat diminati, bahkan menjadi nomor satu. Kita harus memanfaatkan peluang ini," ucapnya.

Dia melanjutkan bahwa minat terhadap kopi Lampung di Mesir terlihat dari persentase penjualan. Dari total 100.000 ton kopi yang dijual oleh perusahaan Mesir setiap tahunnya, sebanyak 70 persen berasal dari Indonesia, dan 79 persen dari porsi tersebut merupakan biji kopi Lampung.

Baca Juga: Seorang Pengusaha Indonesia Kenalkan Kopi Luwak di China

"Dari persentase ekspor biji kopi yang kita lakukan, sekitar 79 persennya berasal dari Lampung, terutama robusta, sisanya berasal dari berbagai daerah. Kita dapat mengunjungi pabrik-pabrik kopi di sini agar dapat meningkatkan kerjasama dengan Mesir," katanya.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x