Produk Kerajinan Tangan Terbuat dari Eceng Gondok di Kota Makassar Rambah Pasar Internasional

- 19 Mei 2023, 13:17 WIB
Pemilik Rumah Anyam Mandiri Elsa memperlihatkan sejumlah produk kerajinan berbahan dasar tanaman eceng gondok di Galeri Rumah Anyam Mandiri, Telkomas Makassar.
Pemilik Rumah Anyam Mandiri Elsa memperlihatkan sejumlah produk kerajinan berbahan dasar tanaman eceng gondok di Galeri Rumah Anyam Mandiri, Telkomas Makassar. /Nur Suhra Wardyah/ANTARA

WARTA TIDORE - Produk kerajinan tangan yang terbuat dari eceng gondok buatan para ibu rumah tangga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berhasil merambah pasar internasional. Mashana, seorang perajin yang telah menjalani profesi anyam eceng gondok selama beberapa tahun terakhir, mampu menghasilkan berbagai produk seperti tas, tikar, tempat tisu, dan lainnya.

Meskipun proses kerajinan ini dilakukan dari rumah, karya-karya Mashana telah dipasarkan ke beberapa negara seperti Vietnam, Mesir, Afrika Selatan, Finlandia, dan Malaysia melalui Rumah Anyam Mandiri Makassar.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan: Kopi Lampung Menjadi Salah Satu Komoditas Ekspor Paling Diminati di Mesir

Ia merasa bangga karena hasil kerajinannya berhasil menembus pasar internasional. Meskipun pada awalnya tidak mudah menghasilkan produk dari bahan eceng gondok, karena melibatkan sejumlah pihak dan terbatasnya pasokan bahan baku.

Dalam sehari, Mashana, atau akrab disapa Yuli, mampu menghasilkan dua produk anyaman dengan ukuran sederhana tanpa mengganggu rutinitas harian sebagai ibu dari tiga anak.

Bekerja sebagai perajin eceng gondok dianggap sebagai anugerah karena tidak semua ibu rumah tangga dapat melakukannya. Selain itu, pekerjaan ini dianggap produktif karena dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi keluarga.

Baca Juga: Melalui Spill Produk & Bikin Konten, Tasya Farasya Ceritakan Bisa Dapat Keuntungan di Shopee Affiliate Program

"Alhamdulillah, hasil kerajinan ini membantu keuangan keluarga dan pekerjaannya santai. Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, kami kembali menganyam," tutur Yuli.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x