Hasilkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Lebak Banten, Keray Pelapah Sawit Jadi Pilihan

- 21 Mei 2023, 08:45 WIB
Perajin keray pelapah sawit di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten
Perajin keray pelapah sawit di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten /Mansyur/ANTARA

WARTA TIDORE - Perajin keray pelapah sawit di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dikutip dari Antara pada Sabtu, 20 Mei 2023, Eman (55), seorang perajin keray pelapah sawit di Kampung Cihiyang, Desa Rangkasbitung Timur, Kabupaten Lebak, mengatakan, sejak 13 tahun yang lalu, telah terlibat dalam usaha ini, yang telah memungkinkan untuk membangun rumah dan menyekolahkan anak.

Baca Juga: Pilgub Banten 2024: DPC PDI Perjuangan Tangerang Selatan Dukung Rano Karno

Perajin keray pelapah sawit di Kabupaten Lebak dapat hidup sejahtera dan memberikan kontribusi pada pendapatan keluarga. Mereka mampu membangun rumah dan menyekolahkan anak-anak mereka.

Sebelumnya, daerah Kampung Cihiyang, Desa Rangkasbitung Timur, menghadapi kesulitan ekonomi karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai buruh serabutan tani, buruh perkebunan, dan ojek.

Pendapatan mereka kurang dari Rp20 ribu per hari, sehingga banyak anak mereka tidak mampu bersekolah hingga tingkat SMA/SMK, dan kondisi rumah mereka terbuat dari bilik bambu.

Baca Juga: Kasus Repacking Beras Bulog Berhasil Dibongkar Satgas Pangan Polda Banten

Namun, saat ini, masyarakat setempat telah mencapai kesejahteraan sejak tahun 2010 dengan memproduksi kerajinan keray dari pelapah kelapa sawit.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x