Polres Malang Ungkap Fakta Kecelakaan Tunggal di Jalur Kawasan TNBTS

- 15 Mei 2024, 00:00 WIB
Petugas sedang melakukan evakuasi mobil dengan nomor polisi B 1683 TJG yang terperosok ke dalam jurang di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada hari Selasa, 14 Mei 2024.
Petugas sedang melakukan evakuasi mobil dengan nomor polisi B 1683 TJG yang terperosok ke dalam jurang di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada hari Selasa, 14 Mei 2024. /ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/nym/

WARTA TIDORE - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Malang, Jawa Timur, mengungkap beberapa fakta terkait kecelakaan tunggal di jalur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Malang Ajun Komisaris Polisi Adis Dani Garta mengungkapkan, kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang mengalami kecelakaan tersebut terlebih dahulu membentur bukit sebelum akhirnya terjun ke jurang.

"Di tempat kejadian, kendaraan tersebut mengalami benturan di bagian kiri dengan bukit," kata Adis pada Selasa, 14 Mei 2024.

Menurutnya, fakta ini terungkap setelah personel Satlantas Polres Malang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kendaraan bergerak dari arah timur ke barat.

Setelah kendaraan menabrak bukit di sisi kiri, mobil yang membawa sembilan penumpang itu terlempar ke arah kanan dan kemudian menabrak pembatas jalan sebelum jatuh ke jurang dengan kedalaman sekitar 80-100 meter.

"Dalam olah TKP, kami tidak menemukan jejak pengereman di jalur menurun tersebut. Namun, jejak ban yang tergelincir terlihat saat mendekati titik kecelakaan," jelasnya.

Adis menambahkan bahwa jejak tersebut menunjukkan kemungkinan kendaraan melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Polisi juga tengah memeriksa apakah rem kendaraan tersebut berfungsi normal.

Proses evakuasi kendaraan dari jurang menggunakan tali sling baja dan melibatkan bantuan warga setempat. Evakuasi memakan waktu sekitar dua jam.

Kecelakaan tunggal di Desa Ngadas, yang berada di kawasan TNBS, terjadi pada Senin (13/5) sekitar pukul 18.30 WIB. Dalam kecelakaan tersebut, empat orang meninggal dunia dan lima orang lainnya selamat.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah