Dugaan Korupsi Pengadaan Sarana Rumah Anggota DPR RI, Indra Iskandar Diperiksa KPK

- 16 Mei 2024, 00:00 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali FIkri.
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali FIkri. /ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/

WARTA TIDORE - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar, terkait kasus dugaan korupsi pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tahun anggaran 2020.

"Indra Iskandar, Sekretaris Jenderal DPR RI, telah hadir dan saat ini sedang diperiksa oleh tim penyidik," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri pada Rabu, 15 Mei 2024.

Ali menjelaskan, pemeriksaan terhadap Indra Iskandar berlangsung di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Namun, dia belum memberikan informasi lebih lanjut tentang detail pemeriksaan tersebut.

Ini merupakan pemeriksaan kedua terhadap Indra oleh KPK dalam kasus yang sama. Sebelumnya, Indra telah menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik KPK pada Kamis, 14 Mei 2024.

Dalam pemeriksaan tersebut, Indra diminta keterangan terkait proses awal tahap perencanaan, tahap lelang, dan pelaksanaan dari pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI tahun anggaran 2020.

Sebelumnya, pada hari Jumat (23/2), KPK mengumumkan telah memulai penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI tahun anggaran 2020.

KPK menegaskan, peningkatan status perkara ke tahap penyidikan sudah disetujui oleh pimpinan KPK, pejabat struktural Kedeputian Penindakan KPK, serta penyidik dan penuntut KPK.

Berdasarkan Undang-Undang KPK, setiap perkara yang telah naik ke tahap penyidikan akan turut disertai dengan penetapan tersangka. Meski demikian, pengumuman tersangka dan pasal yang disangkakan akan dilakukan saat konferensi pers terkait dengan penahanan.

Namun, KPK telah mengungkapkan bahwa tim penyidik KPK menerapkan pasal terkait kerugian keuangan negara dengan nilai kerugian miliaran rupiah.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah