Suhu di Madinah Sangat Panas, Menteri Agama Imbau Jamaah Haji Perhatikan Kesehatan dan Kebugaran Fisik

- 13 Mei 2024, 01:00 WIB
Petugas menyambut kedatangan Jemaah Haji JGK-01 di Bandara AMMA Madinah pada Minggu, 12 Mei 2024.
Petugas menyambut kedatangan Jemaah Haji JGK-01 di Bandara AMMA Madinah pada Minggu, 12 Mei 2024. /Kemenag.go.id/Kontributor/

WARTA TIDORE - Cuaca hari ini di Kota Jeddah, pada Minggu (12/05/2024) pukul 12.49 Waktu Arab Saudi, mencapai 39 derajat Celsius. Di layar handphone tertera tulisan "UV Ekstrem" untuk hari ini. Suhu yang serupa juga terjadi di Madinah, sementara di Makkah bahkan mencapai lebih dari 40 derajat Celsius.

Kondisi cuaca yang panas ini perlu menjadi perhatian bagi jamaah yang tiba di Kota Madinah hari ini. Terutama bagi jemaah lansia, disarankan untuk menunaikan salat di dalam hotel dan membatasi aktivitas di luar ruangan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beberapa hari yang lalu saat meninjau kesiapan haji, mengingatkan jamaah untuk selalu menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

"Cuaca sangat panas. Hari ini, mencapai 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat," jelas Gus Men di Makkah pada Selasa, 7 Mei 2024 lalu.

Menag Yaqut mengimbau jamaah untuk memperhatikan kesehatan dan kebugaran fisiknya. Sebab, haji adalah ibadah fisik.

"Saya minta jamaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini adalah ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlalu memaksakan. Makanlah makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jamaah dalam menjaga stamina," pesannya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad setelah menyambut kedatangan jemaah JKG Kloter 1 di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Dia mengingatkan agar jemaah tidak terlalu memaksakan diri beraktivitas di tengah cuaca panas di Madinah.

"Kami ingatkan kepada jemaah untuk mempertimbangkan kemampuan fisik saat beribadah. Jangan sampai hanya pas (puncak) hajinya sudah kehilangan tenaga," ungkap Abdul Aziz, pada Minggu, 12 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: kemenag.go.id


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah