Google Doodle Hari Ini, Tampilkan Hidangan Makanan Khas Indonesia Timur Papeda

- 20 Oktober 2023, 07:46 WIB
Tangkap layar Google Doodle hari ini tampilkan Papeda.
Tangkap layar Google Doodle hari ini tampilkan Papeda. /tidore.pikiran-rakyat.com/Iswan/

WARTA TIDORE - Google Doodle hari ini merayakan papeda atau bubur sagu,bubur sagu lezat yang merupakan makanan pokok di Indonesia Timur dan telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

Dikutip dari Google Doodles pada Jumat, 20 Oktober 2023, pohon sagu tumbuh melimpah di pulau-pulau Indonesia, dan setiap tahun penduduk mengumpulkannya dengan tujuan untuk diekspor ke negara lain atau untuk dimasak, seperti membuat papeda.

Satu pohon sagu bisa menghasilkan sekitar 150 hingga 300 kilogram pati sagu! Tanaman ini menyediakan berbagai nutrisi yang seimbang, termasuk protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi.

Namun, sagu memiliki makna yang lebih mendalam bagi masyarakat di seluruh Indonesia karena telah membantu mempertahankan budaya mereka selama berabad-abad. Sagu masih digunakan dalam berbagai ritual dan upacara di Papua dan Maluku, seperti Watani Kame, yang menandai berakhirnya siklus kematian seseorang.

Lalu, bagaimana cara membuat papeda? Setelah pati sagu diambil dari pohonnya, campurkan dengan air mendidih dan aduk hingga mengental. Tambahkan kunyit, kemangi, serai, daun salam untuk memberi rasa, dan bahkan ikan favorit Anda! Sekarang Anda bisa menikmati salah satu hidangan paling terkenal di Indonesia yang kaya gizi dan lezat!***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: Google Doodle


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah