Hormati Ulang Tahunnya ke 86, Doodle Google Tampilkan Siti Aminah Cendrakasih

- 29 Januari 2024, 08:05 WIB
Tangkap layar: Aminah Cendrakasih di Google Doodle pada Senin, 29 Januari 2024.
Tangkap layar: Aminah Cendrakasih di Google Doodle pada Senin, 29 Januari 2024. /tidore.pikiran-rakyat.com/Iswan/

WARTA TIDORE - Google Doodle hari ini Senin, 29 Januari 2024, menghormati ulang tahun Siti Aminah Cendrakasih, seorang aktris dan model Indonesia yang dikenal melalui perannya sebagai 'Mak Nyak' dalam serial televisi 'Si Doel Anak Sekolahan'.

Doodle Google menggambarkan Aminah Cendrakasih dengan mengenakan kerudung khas yang ia kenakan saat memerankan karakter Mak Nyak. Palet warnanya lembut, mencakup warna jingga, kuning, hijau, dan biru tua.

Sebagai latar belakang, terdapat ilustrasi televisi jadul yang mencerminkan era siaran awal 'Si Doel Anak Sekolahan' pada tahun 1994-1997. Selain sukses dengan serial tersebut, Aminah Cendrakasih juga terlibat dalam beberapa sinetron dan film layar lebar di Indonesia, termasuk 'Rumah Masa Depan', 'Oh, Ibuku', dan 'Ibu dan Putri'. Menurut laman FFI, Aminah Cendrakasih membintangi 101 film dari tahun 1955 hingga 1989.

Setelah membintangi 'Habis Gelap Terbitlah Terang' pada tahun 1959 dan menikah, Aminah Cendrakasih sempat menghilang dari dunia film. Ia kembali ke panggung sandiwara melalui beberapa serial televisi pada tahun 1970.

Keturunan seni juga mengalir dalam dirinya, dengan ibunya, Wolly Sutinah alias 'Mak Wok', yang merupakan seorang aktris Indonesia, dan ayahnya, Husni Nugib, seorang pelawak.

Prestasi terbesarnya adalah meraih 'Lifetime Achievement Award' dari Indonesia Movie Awards pada tahun 2013, ketika ia sudah tidak dapat melihat karena terkena glaukoma. Aminah Cendrakasih berpulang pada tanggal 21 Desember 2022.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: doodles.google


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah