Sutradara Amerika Greta Gerwig Ditunjuk sebagai Presiden Juri Festival Film Cannes 2024

- 15 Desember 2023, 07:50 WIB
Greta Gerwig, sutradara, hadir dalam makan siang Penghargaan AFI 2019 di Los Angeles, California, AS, pada tanggal 3 Januari 2020.
Greta Gerwig, sutradara, hadir dalam makan siang Penghargaan AFI 2019 di Los Angeles, California, AS, pada tanggal 3 Januari 2020. /

WARTA TIDORE - Sutradara Amerika Greta Gerwig, yang menghebohkan bioskop musim panas ini dengan film fenomenal berwarna merah muda berjudul "Barbie", diumumkan sebagai presiden juri Festival Film Cannes 2024 pada hari Kamis, 14 Desember 2023.

Presiden festival Iris Knobloch dan direktur festival Thierry Fremaux menyampaikan dalam pernyataan bersama, "Ini adalah pilihan yang sangat tepat, karena Greta Gerwig dengan berani membawa inovasi ke dunia sinema, di mana Cannes setiap tahunnya menjadi pelopor dan suara penting."

Gerwig, yang berusia 40 tahun, akan menjadi wanita pertama dari Amerika Serikat yang mengepalai sebagai presiden juri, mengambil alih peran tersebut dari ketua juri tahun 2023, sutradara "Segitiga Kesedihan" dan pemenang dua kali Palme d'Or Ruben Ostlund dari Swedia.

Dengan penunjukan ini, Gerwig juga menjadi orang termuda yang mengemban tugas tersebut dalam hampir enam dekade, sejak Sophia Loren yang berusia 31 tahun pada tahun 1966.

Dalam pernyataannya, Gerwig menyatakan bahwa dia "terkejut, senang, dan rendah hati" atas pemilihan tersebut.

Pengumuman ini datang setelah industri film mengalami guncangan dengan pemogokan ganda di musim panas Hollywood yang mempengaruhi jadwal film dan TV, menimbulkan pertanyaan tentang penggunaan kecerdasan buatan, dan juga membawa isu seputar pembayaran penulis dan aktor oleh layanan streaming atas karya mereka.

Festival Film Cannes ke-77 dijadwalkan berlangsung pada 14-25 Mei, dengan pengumuman seleksi resmi dijadwalkan pada pertengahan April.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah