Konsulat RI Tawau Bersama Sthamin Supermarket Bangun Indonesian Corner di Sthamin Supermarket Hilltop

- 5 Maret 2024, 09:13 WIB
Pembukaan Indonesian Corner diresmikan oleh Yang Berhormat (YB) Datuk Andi Muhammad Suryady Bin Bandy, Pembantu Menteri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan Sabah.
Pembukaan Indonesian Corner diresmikan oleh Yang Berhormat (YB) Datuk Andi Muhammad Suryady Bin Bandy, Pembantu Menteri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan Sabah. /Kemlu.go.id/KRI Tawau/

WARTA TIDORE - Konsulat RI Tawau bersama Sthamin Supermarket telah menginisiasi pembangunan ‘Indonesian Corner’ di Sthamin Supermarket Hilltop, Tawau pada Sabtu, 2 Maret 2024. Indonesian Corner ini merupakan area khusus yang memamerkan produk-produk Indonesia yang sudah ada di pasar sebelumnya, serta produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalimantan Utara.

Pembukaan Indonesian Corner diresmikan oleh Yang Berhormat (YB) Datuk Andi Muhammad Suryady Bin Bandy, Pembantu Menteri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan Sabah yang juga Ahli Parlimen P191 Kalabakan dan Ahli Dewan Undangan Negeri N71 Tanjung Batu.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Konsul RI Tawau, Ibu Heni Hamidah, serta Tuan Haji Busthamin bin Paita, pemilik Sthamin Supermarket. Hadir juga perwakilan dari berbagai pihak, termasuk Ketua Kamar Dagang & Industri (KADIN) Tarakan, Asosiasi Pengusaha Perbatasan Indonesia, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul RI Tawau menyampaikan bahwa pendirian "Indonesian Corner" merupakan bagian dari diplomasi ekonomi yang menjadi salah satu fokus kebijakan luar negeri Indonesia.

Peresmian Indonesian Corner ini menjadi momen penting sebagai yang pertama kali di Sabah, dimana tujuannya adalah untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia yang sudah beredar di Tawau, serta produk UMKM dari Kalimantan Utara seperti makanan dan minuman.

Selama acara, pemilik usaha UMKM Kalimantan Utara seperti CV Taraban Berkah (Sambal Dayak), Regan Coklat, dan Raftrasa Brownies Mocca Crispy turut hadir dan aktif memamerkan produk Indonesia.

Salah satu pengusaha UMKM Kalimantan Utara, ibu Yuliatin dari CV Taraban Berkah (Sambal Dayak), menyampaikan terima kasih atas kerjasama dengan Konsulat yang memungkinkan produk Sambal Dayak dipasarkan di Tawau dan sekitarnya.

Ia berharap kerjasama ini dapat diperluas kepada UMKM Indonesia lainnya di perbatasan untuk mempromosikan produknya di Malaysia.

Dengan mempertimbangkan potensi ekonomi Sabah dan keberadaan WNI yang signifikan di wilayah tersebut, kehadiran Indonesian Corner diharapkan dapat membantu memperkenalkan lebih banyak produk Indonesia kepada masyarakat Sabah serta memperkuat hubungan antar rakyat ke dua negara.***

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x