Penuhi Kebutuhan, Ribuan Ton Beras Vietnam Didatangkan ke Ambon

- 6 September 2023, 23:02 WIB
Ilustrasi: Penuhi kebutuhan, ribuan ton beras Vietnam didatangkan ke Ambon.
Ilustrasi: Penuhi kebutuhan, ribuan ton beras Vietnam didatangkan ke Ambon. /Kabar Singaparna/

WARTA TIDORE - Bulog Maluku telah mengimpor 4.850 ton beras Vietnam ke Ambon untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi tersebut dan mengendalikan harga.

"Berdasarkan jadwal yang kami terima dari Perum (Divre) Bulog Maluku, beras tersebut akan tiba pada tanggal 13 September 2023 melalui Pelabuhan Yos Sudarso," kata Kepala Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara, Saldi Adrin pada Selasa, 5 September 2023.

Menurutnya, kedatangan 4.850 ton beras Vietnam ini adalah tahap ketiga, setelah sebelumnya 4.750 ton beras masuk pada tanggal 3 Agustus 2023 untuk memenuhi kebutuhan di Provinsi Maluku.

Ia menjelaskan bahwa setelah tahap tiga ini, akan ada tahap empat dengan pengiriman beras impor dari Vietnam untuk mencapai target 19 ribu ton ke Maluku.

"Stok sebanyak 19.000 ton ini akan memenuhi permintaan masyarakat di daerah ini hingga Desember 2023, dan ini cukup aman," katanya.

Saldi Adrin menekankan bahwa warga Maluku, khususnya di Kota Ambon, tidak perlu khawatir tentang kelangkaan beras, karena Bulog akan tetap menjaga stabilitas harga beras dan ketersediaan stok.

"Untuk saat ini, stok beras di gudang Bulog Ambon mencapai 4.700 ton, yang cukup untuk memenuhi permintaan selama dua bulan ke depan. Terlebih lagi, ketika beras Vietnam tiba pada tanggal 13 September 2023, stok beras Bulog Maluku akan lebih terjamin," tambahnya.

Beras ini juga akan digunakan untuk program bantuan sosial (Bansos) atau bantuan pangan yang akan dibagikan untuk bulan Oktober, November, dan Desember 2023.

Harga beras di pasar saat ini sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp11.800 per kilogram.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x