Tips Menjaga Keamanan Listrik saat Tinggalkan Rumah Mudik Lebaran

- 5 April 2024, 02:05 WIB
Ilustrasi: Aplikasi PLN Mobile sebagai "One Stop Solution" terkait kelistrikan, pembayaran tagihan, pembelian token, pelaporan gangguan, dan fitur lainnya.
Ilustrasi: Aplikasi PLN Mobile sebagai "One Stop Solution" terkait kelistrikan, pembayaran tagihan, pembelian token, pelaporan gangguan, dan fitur lainnya. /ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng/

WARTA TIDORE - General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng), Muhammad Joharifin, berbagi tips menjaga keamanan aliran listrik saat masyarakat meninggalkan rumah selama musim arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sebelum berpergian, terutama jika dalam waktu yang cukup lama, masyarakat disarankan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap peralatan listrik, mulai dari stop kontak hingga perangkat elektronik lainnya," kata Joharifin pada Kamis, 4 April 2024.

Surat Keputusan Bersama 3 Menteri pada 12 September 2023 menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran 2024 selama 10 hari masa libur bersama, yang pastinya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman.

Joharifin mengingatkan, agar masyarakat selalu memperhatikan keamanan instalasi listrik di rumah, sebelum meninggalkannya selama libur lebaran dengan beberapa tips, untuk memastikan kelistrikan dalam keadaan aman.

"Pertama, periksa semua peralatan listrik di rumah, matikan perangkat elektronik yang tidak digunakan, dan biarkan beberapa titik lampu menyala untuk penerangan dan keamanan rumah, hindari juga colokan yang menumpuk," ucap Joharifin.

Langkah-langkah tersebut dapat menghindari risiko korsleting listrik, yang sangat penting diperhatikan sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, terutama untuk jangka waktu yang cukup lama.

Tips ke dua adalah untuk menghindari pemutusan aliran listrik, pelanggan pascabayar harus membayar tagihan listrik di awal bulan, sementara pelanggan prabayar dapat mengisi token listrik yang cukup.

"Bayar tagihan listrik dan mengisi token listrik adalah hal yang harus diperhatikan, jangan sampai saat kembali dari mudik atau liburan Lebaran, listrik padam karena terputus atau token habis," tambah Joharifin.

Tips ketiga adalah memeriksa instalasi listrik di rumah sebelum berangkat, terutama jika sering terjadi korsleting listrik, yang dapat dilakukan melalui menu ListriQu pada aplikasi PLN Mobile, yang dikelola oleh anak perusahaan PLN untuk membantu masyarakat memeriksa instalasi listrik.

Halaman:

Editor: Iswan Dukomalamo

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x